Jumat, 09 April 2010

Review Komunitas Baca Buku

Judul : Pandaya Sriwijaya
Penulis : Yudhi Herwibowo
Penerbit : Bentang
Genre : Novel Sejarah
Nilai : 4,5/5 (Versi Komunitas Baca Buku)

Banyak novel sejarah bertebaran dan memberikan sarat cerita menarik untuk ditilik. Kali ini KBB akan bahas novel Pandaya Sriwijaya, sebuah novel apik yang dibuat dengan tutur kata memikat dan menarik perhatian siapa saja untuk melihat novel ini.

Novel ini bercerita tentang seluk beluk yang terjadi pada kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Kita akan melihat bagaimana kehidupan perompak di masa lampau, perjuangan rahib Budha menyebarkan agama, serta pencarian makna takdir dari karakter-karakternya menjadi pemegang kendali Pandaya Sriwijaya.

Novel ini ceritanya amat sangat kompleks, karena beberapa karakter digambarkan dengan detil. Saking banyaknya karakter, saya jadi bingung harus menceritakan cerita yang mana, karena memang semua cerita yang disajikan dalam bab-bab novel ini sangat menarik. Ada cerita tentang Balaputradewa, Tunggasamudra, Cahyadawasuna, dll.

Sebenarnya saya paling suka dengan cerita Tunggasamudra, perjalanan dengan sang rahib Budha, menyiratkan banyak pesan dan makna tersembunyi. Karakternyapun kuat terlebih dengan masa lalu Tunggasamudra yang berbeda dengan teman-teman sebayanya.

Kalau cerita tentang kerajaan Sriwijaya, pada bab-bab akhir kita akan menemukan perang dengan bersatunya para tokoh yang di bab awal terpisah cerita di bab-bab awal. Mereka bergabung mempertaruhkan hidup mereka untuk Sriwijaya. Hmm bagaimana kelanjutan ceritanya?

***

Kesimpulannya

Membaca Pandaya Sriwijaya sebenarnya seperti membaca novel Samurai Cahaya (novel Yudhi Herwibowo di masa lampau). Karakternya banyak dan cara penceritaannya melingkupi banyak aspek yang dibahas. Di novel ini kita akan menemukan makna spirit perjuangan, perpolitikan, strategi perang, dan suasana Palembang di masa lampau.

Rasanya penulis berhasil menancapkan taste Palembang sebenarnya di novel ini. Semua bisa dimaklumi karena memang penulis berasal dari sana, sehingga wajar ketertarikan pada sejarah Palembang menjadi dasar kuat penceritaan novel ini.

Novel ini menurut saya adalah salah satu novel terbaik dari mas Yudhi, karena memang saya sebelumnya sudah sempat membaca novel-novel sebelumnya. Kompleksitas dari cerita seolah di terjang oleh penulis dengan sangat mulus. Dengan alur maju dan smooth, kita akan dibawa ke dalam suasana Palembang di masa lampau. So, what are u waiting for? Jangan lupa beli novel ini ya!

***

Senda
Ketua Komunitas Baca Buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar